Senin , Juni 17 2024

Meningkatkatkan Literasi dengan Ragam Kegiatan

     Banuhampu, 18 Januari 2024 – Perpustakaan SMA Negeri 1 Banuhampu, sekarang tengah giatnya meningkatkan kegiatan dalam berliterasi. Banyak upaya yang telah dilakukan oleh tim perpustakaan untuk meningkatkan hal tersebut. Upaya tersebut meliputi merekap siswa teraktif meminjam buku dan mengunjungi perpustakaan, mengadakan lomba kepenulisan, dan menggiatkan ekstrakurikuler literasi jurnalistik.

Untuk kegiatan merekap kegiatan siswa di perpustakaan dilakukan dari awal semester I hingga awal semester II TP. 2023/2024.  Kegiatan tersebut mendapat hasil 1 pemenang sebagai peminjam buku teraktif dan 1 pemenang pengunjung teraktif perpustakaan SMAN 1 Banuhampu.

Rani Sagita, siswi kelas X di SMA Negeri 1 Banuhampu, ia mencatatkan prestasi sebagai peminjam teraktif di perpustakaan sekolah. Dengan semangatnya yang tinggi dalam mencari ilmu, Rani telah meminjam 42 judul buku selama tahun ajaran ini. Kemudian, ada Indah Cahyani Putri. Ia juga merupakan siswi kelas X yang mendapat reward atas prestasinya yang telah menjadi pengunjung  perpustakaan teraktif di SMA Negeri 1 Banuhampu.

Pada Senin (15/01), Kepala perpustakaan SMA Negeri 1 Banuhampu, Tri Handayani, S.pd, Mpd, mewakili tim perpustakaan memberikan apresiasi atau penghargaan kepada  beberapa siswa yang telah mengukir karya di bidang literasi dan jurnalistik. Penyerahan reward ini dilakukan setelah acara kultum pada hari tersebut. Apresiasi dan karya yang diluncurkan pada hari tersebut diantaranya; antologi puisi karya Helsa Yuli Putri dan Desiska Wiranda yang berjudul Melankoli Sandyakala, Novel Helsa Yuli Putri yang berjudul Saviorgirl, Antologi Puisi karya Salsa Apriani, Sintia Nada, Rania Salsabila, Silvia Melisa Putri, Fajar Ramadhan, Diva Putri yang berjudul Dimensi Yang Tak Sama, Buku antologi cerpen kelas XII yang berjudul , About Who We Are dan Sebuah.

“Saya merasa sangat bahagia dan juga bangga atas pencapaian yang telah saya lakukan karena membuat sebuah puisi tidak termasuk mudah, namun karna banyak dukungan dan berbagai saran telah saya dapatkan dari guru pembimbing dan teman teman yang ikut serta dalam ekskul tersebut membuat puisi yang saya buat bisa diterbitkan” kata Salsabila Apriani selaku pembuat puisi.

Kemudian reward juga diberikan kepada siswa yang telah memenangkan perlombaan menulis surat untuk guru dengan tema “Inspired Teacher ” dengan peringkat pertama jatuh kepada Helsa Yuli Putri sebagai pemenangnya.

“Tentunya perasaan   saya bahagia atau senang. Karena dua bulan lebih menanti pengumuman pemenangnya dan ternyata termasuk ke dalam bagian yang menjadi pemenangnya,” ujar Helsa .

Pencapaian yang didapat siswa-siswi tersebut bukan hanya mencerminkan keaktifan dalam membaca, tetapi juga memberikan inspirasi bagi teman-teman sekelasnya. Semoga kegemaran membaca para siswa dapat menjadi teladan bagi siswa-siswi lainnya dalam meningkatkan literasi di lingkungan sekolah. Para guru berharap, seluruh siswa juga turut serta berantusias dalam kegiatan positif seperti ini.  Selain melatih diri untuk mengungkapkan apa yang dirasakan, menulis juga mampu melatih dan meningkatkan kemampuan siswa dalam cabang literasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *