Minggu , Mei 26 2024

Literasi dan Jurnalistik Menjadi Salah Satu Ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Banuhampu

Jurnalis Helsa

Ekstrakurikuler adalah kegiatan tambahan yang dilakukan di luar jam pelajaran di sekolah dengan tujuan untuk mendapatkan tambahan pengetahuan, keterampilan dan wawasan. Banyak sekolah yang telah menerapkan ekstrakurikuler sebagai penunjang aktivitas siswa di sekolah. Tak terlewatkan di SMAN 1 Banuhampu yang juga telah menerapkan sistem tersebut. Salah satu ekstrakurikuler yang tak kalah terkenal yaitu ekstrakurikuler Literasi dan Jurnalistik. Ekstrakurikuler yang telah berdiri cukup lama ini memiliki alumni yang lulus sebagai wartawan terbaik dan penulis terkenal. Sebelumnya kita pahami dulu apa pengertian masing-masing dari Literasi dan Jurnalistik. Yuk simak!

Pertama, kita akan membahas pengertian literasi terlebih dahulu. Bagi sebagian orang berpendidikan, kata literasi tak begitu asing bagi pendengarannya. Lalu apa pengertian dari literasi?. Sederhananya, literasi adalah kemampuan dalam membaca, menulis, bahkan berbicara. Literasi selalu berkaitan dengan bahasa. Karena literasi adalah kegiatan yang membahas tentang tata cara penggunaan bahasa yang baik dan benar dan penyusunan kata-kata yang sesuai, sehingga bisa menjadi sebuah kalimat dengan bahasa yang mudah dipahami dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun cabang dari kegiatan literasi ini yaitu, kita dapat menulis sebuah puisi, cerita fiksi atau nonfiksi serta mampu berbicara tanpa terbata-bata. Di SMAN 1 Banuhampu, telah banyak alumni-alumni berbakat yang sukses menjadi penulis terkenal. Bahkan, tulisan mereka yang sudah menjadi sebuah karya, mendapatkan kesempatan dari sekolah untuk menerbitkannya. Sekolah memberikan jaminan bagi siswa yang berprestasi untuk menyalurkan bakatnya.

Lanjut yang kedua, yaitu jurnalistik. Jurnalisitik bisa disebut juga sebagai kewartawanan. Secara sederhananya jurnalistik adalah sebuah kegiatan terkait mengumpulkan dan menulis berita, mencari sebuah fakta, dan melaporkan peristiwa. Orang yang melakukan kegiatan jurnalistik sering disebut sebagai seorang wartawan. Jurnalistik dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berani berpendapat dan mengemukakan suara. Serta membuat siswa akan lebih percaya diri. SMAN 1 Banuhampu memiliki banyak seorang wartawan terkenal dan berpengalaman. Dalam ekstrakurikulernya pun, sekolah ini mendatangkan narasumber yang sudah lama berkarir sebagai seorang wartawan dan memiliki banyak pengalaman. Anggota ekstrakurikuler ini, sudah mendapatkan banyak pembelajaran dalam pelatihan.Kabar bahagianya, SMAN 1 Banuhampu pernah menerbitkan sebuah buletin tentang sekolah. Buletin tersebutlah yang menjadi persyaratan pengakreditasian perpustakaan sekolah pada saat itu.

 

 

By Sintia Nada

Salah satu hal yang kerap kali ditemukan para siswa di sekolahan adalah ekstrakurikuler atau kegiatan tambahan diluar jam pelajaran wajib. Biasanya, ada banyak jenis ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh para siswa. Di SMA Negeri 1 Banuhampu, setidaknya terdapat kurang lebih sepuluh cabang ekstrakurikuler yang dapat diikuti. Salah satunya adalah ekstrakurikuler ‘Literasi dan Jurnalistik’.

Literasi adalah kemampuan membaca, menulis, dan berbicara yang diperlukan di kehidupan sehari-hari. Sedangkan Jurnalistik atau kewartawanan yaitu kegiatan menghimpun berita, mencari informasi yang bersifat fakta, serta melaporkan peristiwa. Jadi, kedua hal ini saling berkaitan serta bertujuan agar dapat meningkatkan kesadaran siswa ataupun guru di SMA Negeri 1 Banuhampu untuk terus mengembangkan dan melestarikan budaya membaca di sekolah.

 

Di ekstrakurikuler ini, sekolah akan menfasilitasi proses pelatihan dengan mengundang wartawan yang sudah termuka, ataupun tokoh-tokoh lainnya yang dapat memotivasi dan membantu dalam kegiatan serta bagaimana menjadi seorang jurnalis yang mampu menyajikan suatu informasi.

 

Selain itu, keberadaan Literasi dan Jurnalistik ini menjadi wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan bakat, minat, serta potensi dirinya melalui suatu karya, yang lebih identik dengan tulisan. Kemudian, dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler ini siswa diharapkan mampu mempraktekan dalam kehidupannya sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *